Aliran Teknik Terbaik untuk Pilih di 2016

Lebih dari 10 lakh siswa muncul untuk Ujian Masuk Bersama setiap tahun. Tetapi selain memutuskan untuk berkarir di bidang Teknik, bahkan lebih penting untuk memutuskan Aliran Teknik di mana orang ingin melakukan spesialisasi mereka.

Tentu saja ada dua cara untuk memilih aliran Anda, pertama-tama adalah mengingat minat Anda dan yang kedua adalah dengan memilih aliran yang membayar lebih banyak. Orang harus menyanggah mitos populer bahwa cabang yang paling populer adalah yang paling banyak membayar. Pada akhirnya semuanya bermuara pada kerja keras yang dapat dilakukan seorang mahasiswa dalam studinya dan reputasi lembaga tertentu.

Di sini kami telah membuat daftar cabang-cabang teknik populer dan hal-hal yang harus diingat oleh siswa ketika memilih cabang itu.

Teknik Sains Komputer:

Jika seseorang mengingat bahwa dia harus bekerja di India, maka orang perlu memahami permintaan para insinyur di bidang jasa. Sektor jasa di India saat ini tumbuh dengan kecepatan luar biasa dan permintaan untuk insinyur perangkat lunak, yang dapat memberikan solusi teknologi, juga meningkat. Jadi, seseorang dapat memilih untuk aliran ini, tetapi hanya jika ketika ia memiliki jebakan di atas pengkodean. Kita juga harus ingat bahwa permintaan para insinyur perangkat lunak tidak akan bertahan selamanya.

Ada gaji yang ditawarkan kepada lulusan dari aliran CSE, yang berkisar dari 2,4 LPA hingga 8,5 LPA, oleh perusahaan multinasional yang berbeda. Orang-orang seperti Facebook dan Google, menawarkan paket gaji sekitar 1 crore untuk jajaran IIT dan NIT.

Teknik Mesin:

Ini adalah salah satu cabang inti dan membutuhkan pekerjaan berat-logam dan kuat. Sektor ini terus berkembang di India dan semua industri yang membutuhkan pekerjaan logam berat mempekerjakan lulusan teknik mesin. Kereta api, metro, industri galangan sedang tumbuh dan industri otomotif akan terus tumbuh. Jadi, ada banyak ruang bagi lulusan teknik untuk mendapatkan pekerjaan yang baik di sektor ini.

Gaji tahunan insinyur mekanik berkisar antara 1,8 LPA hingga 5 LPA.

Teknik Sipil:

Ini sekali lagi dihitung sebagai cabang inti dan sejak jaman dulu, insinyur sipil dianggap sebagai insinyur terbaik. Mereka membantu membangun infra struktur jika negara dalam bentuk jalan, jembatan, bendungan, pelabuhan, dll. Permintaan untuk insinyur sipil menurun, tetapi sejak awal tahun 2000, permintaan kembali meningkat karena permintaan infrastruktur pengembangan. Para insinyur situs, arsitektur, dll kembali ke pasar.

Gaji tahunan yang diberikan kepada seorang insinyur sipil oleh berbagai perusahaan konstruksi bervariasi untuk 3 LPA hingga 5 LPA.

Teknik Elektro:

Ini adalah yang tertua dari semua cabang inti dan bahkan sektor TI mempekerjakan berbagai lulusan Teknik Elektro. Mereka dipekerjakan di sektor-sektor di mana pekerjaan logam berat harus dilakukan.

Gaji untuk insinyur listrik bervariasi dari 1,8 LPA hingga 4,5 LPA.

Teknik Elektronika dan komunikasi:

Ini adalah puncak dari cabang listrik inti dan cabang komunikasi. Dengan semakin meningkatnya permintaan dalam meningkatkan mode komunikasi, cabang ini populer sekarang dalam beberapa hari. Para siswa diajarkan subjek pengkodean bersama dengan mata pelajaran elektronik yang membutuhkan perancangan TV, telepon, jaringan seluler, dll.

Gaji dari ECE Engineer bervariasi dari 1,5 LPA hingga 3,5 LPA.

Kesimpulan:

Ada banyak cabang lain yang terdiri dari kombinasi berbagai cabang seperti elektronik dan instrumentasi atau teknik aeronautika atau teknik kimia.

Pada akhirnya, bagi siswa untuk diingat bahwa ketika memilih cabang mereka, mereka harus memiliki visi jangka panjang dan tidak membatasi diri pada cabang-cabang yang populer selama waktu tertentu, sehingga memiliki jangka panjang dan maksimum manfaat dari pendidikan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *