Apakah Membatalkan NAFTA Buruk untuk Kanada?

Momok NAFTA yang dibatalkan ada di benak banyak orang sejak pemilihan Presiden Donald Trump. Washington telah menarik diri dari TPP dan menginginkan kesepakatan yang lebih baik untuk AS dalam perjanjian NAFTA. Tarif yang mungkin baru-baru ini datang dari administrasi Trump juga meningkatkan kekhawatiran perdagangan. Apakah membatalkan NAFTA hal yang buruk bagi Kanada? Ada 2 cara untuk memeriksa pertanyaan ini.

The Current State

Pendekatan pertama adalah melihat bagaimana hal-hal saat ini dan apa yang mungkin terjadi dengan menggunakan asumsi ini. Kanada adalah mitra dagang terbesar kedua AS dan AS adalah mitra dagang terbesar Kanada dengan margin besar. AS adalah mitra dagang terdekat Kanada berdasarkan lokasi fisik. Banyak infrastruktur yang sudah siap melayani pengiriman barang di perbatasan Kanada-AS – jembatan, kereta api, pelabuhan laut, fasilitas produksi bersama, dll. Budaya AS cukup mirip dengan Kanada yang melakukan perdagangan cukup mudah. Tidak ada hambatan bahasa, hambatan agama, atau hambatan budaya relatif terhadap negara lain. Mata uang kami selaras, membuat perdagangan lebih mudah dalam hal pembiayaan, ketentuan pembayaran dan pertukaran mata uang. Cukup mudah untuk mendapatkan dolar AS di mana saja di Kanada. Membandingkan ini dengan Yen Jepang menunjukkan perbedaannya. Terakhir, asumsinya adalah bahwa AS akan melindungi Kanada secara militer sehingga Kanada dapat fokus untuk memproduksi barang-barang lainnya.

Dengan menggunakan asumsi ini, jika NAFTA dibatalkan, Kanada mungkin menjadi pecundang besar dalam hal perdagangan. Ketakutan adalah bahwa barang-barang Kanada tidak akan diekspor dan kegiatan ekonomi akan menderita. Kami tidak memiliki mitra dagang lain sebagai besar atau secara fisik dekat seperti AS. Infrastruktur dan keuntungan pembiayaan juga tidak ada di negara mana pun. Bahkan Meksiko yang merupakan bagian dari NAFTA memiliki mata uang, bahasa, budaya, dan prioritas yang berbeda dari AS sehubungan dengan perdagangan. Membatalkan NAFTA terlihat seperti bencana.

Apa kerugian dari NAFTA atau kesepakatan perdagangan secara umum? Pertama, kesepakatan perdagangan mendorong spesialisasi industri dalam produksi barang dan jasa dengan biaya terendah / tertinggi. Semua produksi lainnya berkurang dan atau berhenti. Jika Anda ingin mengembangkan industri baru, Anda akan memiliki peluang kecil untuk sukses karena mitra dagang Anda dapat mendominasi industri atau membatasi Anda untuk bersaing. Jika ini bukan kasusnya, Anda dapat mengembangkan industri pada istilah orang lain. Memulai bisnis tanpa kebebasan untuk bereksperimen biasanya tidak berhasil karena eksperimen diperlukan untuk mengoptimalkan permintaan pasar, efisiensi dan kebutuhan untuk produk tertentu. Keterbatasan ini menciptakan ekonomi yang bergejolak berdasarkan segelintir sektor. Di Kanada, ini berarti energi, komoditas, perbankan, dan real estat. Masalah kedua adalah bernegosiasi soal kekuasaan. Penawaran perdagangan membatasi apa yang dapat dinegosiasikan setelah kesepakatan dibuat, kecuali seluruh kesepakatan dinegosiasikan ulang, yang terjadi hari ini dengan NAFTA. Ini membatasi diversifikasi mitra dagang dan peluang baru yang mungkin ada. Kadang-kadang bahkan dalam industri yang mapan, kondisi pasar yang berbeda yang biasanya akan dimanfaatkan tidak akan tersedia karena syarat-syarat perdagangan dalam sebuah kesepakatan. Sebagai contoh, harga minyak ditetapkan sebesar $ 50 per barel antara dua negara. Harga minyak naik menjadi $ 100 per barel di pasar dunia, tetapi penjual tidak akan mendapatkan keuntungan dari ini karena mereka menjual minyak pada $ 50. Jika harga turun menjadi $ 20, penjual akan mendapat manfaat, tetapi kemudian pertanyaan tentang "seberapa sering hal ini terjadi dan apakah itu bermanfaat?" akan muncul. Kerugian terakhir adalah negosiasi itu sendiri. Jika Anda bernegosiasi dengan mitra dagang yang jauh lebih besar dan lebih kuat, Anda mungkin akan membutuhkan mereka lebih dari yang mereka butuhkan. Ini berarti bahwa mereka dapat berdebat untuk istilah perdagangan yang lebih baik dan jika Anda ingin membuat kesepakatan, Anda harus mengorbankan lebih dari yang Anda sadari. Dalam kasus Kanada dan AS, AS memiliki ekonomi yang lebih maju daripada Kanada, dan lebih banyak pengaruh di panggung dunia. Jika AS ingin membuang Kanada dan berdagang dengan orang lain, mereka dapat melakukannya dengan lebih mudah daripada Kanada untuk AS. Ini memberi AS lebih banyak opsi negosiasi daripada Kanada – setidaknya pada saat ini. AS dapat menawarkan lebih banyak produk untuk dijual, lebih banyak opsi untuk perdagangan, dan persyaratan yang lebih disesuaikan. Katakanlah bahwa Kanada pergi ke negosiasi perdagangan dan berkata, "Saya akan menawarkan keahlian teknologi." Apakah itu mungkin? Tidak mungkin, tetapi Kanada dapat menawarkan keahlian pertambangan. AS dapat menawarkan keduanya.

Kesempatan

Pendekatan kedua adalah mengasumsikan bahwa membatalkan NAFTA dapat menjadi peluang, dan perubahan dapat dilakukan untuk menguntungkan Kanada lebih dari perjanjian saat ini. Mengapa? Perdagangan dapat dibuka untuk setiap negara di dunia dan dengan ketentuan terbuka. Karena persaingan jauh lebih besar jika semua negara tersedia untuk perdagangan, peluangnya mungkin lebih besar. Sisi sebaliknya adalah bahwa lebih banyak persaingan dapat membuat lebih sulit untuk berdagang untuk keuntungan karena tenaga kerja yang lebih murah atau kualitas yang lebih baik yang mungkin tersedia di negara lain.

Membatalkan NAFTA akan membuat Kanada lebih mandiri karena kita tidak dapat bergantung pada mitra dagang tertentu untuk membeli barang-barang kita. Ini akan menciptakan lebih banyak akal dan kewirausahaan di kalangan orang Kanada. Ketika orang harus menemukan cara untuk bertahan hidup, ada lebih banyak usaha yang dikeluarkan. Upaya ini akan menciptakan lebih banyak diversifikasi di kalangan industri karena kita tidak lagi mampu mengkhususkan pada sektor-sektor tertentu.

Skenario ini telah mulai bermain dengan Kanada menegosiasikan lebih banyak penawaran dengan Eropa dan Asia. Perusahaan-perusahaan Kanada memiliki keahlian global di sektor-sektor tertentu yang memberi mereka keuntungan saat menciptakan ketentuan perdagangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *