ITIL Intermediate Exams – Apa Pilihan Terbaik?

Setelah Anda lulus ujian ITIL Foundation, Anda dapat pergi untuk sertifikasi Ahli ITIL yang memiliki pilihan 2 aliran, baik aliran Siklus Hidup atau aliran Kemampuan. Aliran mana yang Anda pilih sepenuhnya bergantung pada fungsi pekerjaan Anda saat ini, kematangan organisasi tempat Anda saat ini dan akhirnya di mana Anda ingin menjadi.

Aliran Siklus Hidup memiliki fokus manajemen yang jauh lebih banyak dan dirancang untuk orang yang mendefinisikan model operasi tetapi tidak melakukan implementasi yang sebenarnya. Mereka bertanggung jawab dan bertanggung jawab atas pelaksanaannya tetapi tidak untuk melakukan pekerjaan yang sebenarnya, yaitu untuk aliran Kemampuan.

Aliran Kemampuan adalah untuk orang-orang yang terlibat di lapangan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan yang sebenarnya dari berbagai proses. Oleh karena itu, kursus Kemampuan jauh lebih praktis di alam, di mana modul Siklus Hidup lebih fokus pada teori daripada praktik.

Hal yang hebat tentang sertifikasi ahli ITIL adalah bahwa ia berbasis kredit dan Anda hanya perlu memperoleh 22 kredit untuk dapat menulis ujian akhir. Ini berarti bahwa adalah mungkin untuk mencampur dan mencocokkan program dari aliran Siklus Hidup dan Kapabilitas dan memiliki sertifikasi yang disesuaikan yang cocok untuk Anda dan perusahaan Anda. Namun, yang harus dicatat adalah bahwa ada kursus yang tumpang tindih di setiap aliran dan hanya satu kursus yang akan dihitung untuk sertifikasi Anda jika Anda memilih untuk menyelesaikan keduanya. Misalnya jika Anda menyelesaikan Strategi Layanan sebagai modul Siklus Hidup dan OSA dari aliran Kemampuan, Anda hanya akan dikreditkan dengan satu atau yang lain, tidak keduanya.

Ujian akhir yang harus Anda lalui untuk memperoleh Sertifikasi Pakar ITIL adalah Mengelola Di Luar Daur Hidup (MALC) yang merupakan salah satu ujian terberat untuk ditulis karena merupakan kombinasi dari semua ujian sebelumnya dan diselesaikan dalam format studi kasus. Karena Ujian MALC adalah kombinasi dari semua ujian sebelumnya di bagian Menengah, sulit bagi orang yang memilih Arus Kapabilitas mempertimbangkan fakta bahwa studi kasus lebih didasarkan pada teori daripada praktik.

Ujian MALC lebih berfokus pada Strategi Layanan dan Perbaikan Layanan Berkelanjutan (CSI) jadi saya akan menyarankan bahwa siapa pun yang mengikuti rute Capability mencakup dua modul ini, memastikan mereka memiliki kesempatan untuk lulus ujian akhir. Menurut pendapat saya MALC memiliki tingkat kegagalan yang tinggi karena orang telah memilih untuk menyelesaikan semua modul Kemampuan dan belum terkena Strategi Layanan atau CSI.

Jika Anda akan pergi untuk Sertifikasi Ahli ITIL pastikan bahwa Anda meneliti berbagai pilihan secara menyeluruh dan pastikan Anda memilih subyek Anda dengan hati-hati. Semoga berhasil!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *