Menuai Manfaat Pemetaan Arus Nilai

Value Stream Mapping (VSM) adalah alat yang terbukti. Cocok untuk berbagai industri dan proses, VSM sangat ideal untuk menciptakan perubahan organisasi yang positif, mengembangkan masa depan yang efisien, dan menghasilkan manfaat sistem luas dalam biaya, kualitas, dan fleksibilitas. Singkatnya, ini membantu menghilangkan pemborosan.

Tetapi seperti alat apa pun, VSM harus diterapkan dengan benar. Itu berarti menghindari kesalahan umum yang membatalkan proses pemetaan. Di bawah ini adalah tips mengembangkan VSM yang akurat. Kiat-kiat ini tidak hanya akan meningkatkan keakuratan peta Anda dan memfasilitasi proses pemetaan, mereka juga akan membantu Anda memperoleh manfaat sistemnya.

Tapi pertama-tama, mari kita definisikan aliran nilai. Ini mencakup semua kegiatan yang diperlukan dalam membawa produk dari "bahan mentah" ke tangan pelanggan atau dalam memberikan layanan kepada khalayak target. Michael Porter, penulis Competitive Advantage: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul, adalah salah satu yang pertama berbicara tentang rantai nilai dan aliran nilai. Dalam definisi tentang aliran nilai, ia memasukkan aktivitas utama, seperti logistik masuk, dan kegiatan dukungan, seperti pengadaan. Porter menghubungkan kegiatan ini untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.

Salah satu kunci pemetaan value stream yang disarankan oleh definisi Porter adalah mendefinisikan secara jelas produk atau layanan untuk dipetakan. Dengan kata lain, pastikan Anda memiliki value stream untuk dipetakan sebelum terlibat dalam proses, karena tujuannya adalah untuk mengidentifikasi pemborosan seluruh sistem yang terjadi dan kemudian menghapusnya. Sayangnya, beberapa menerapkan VSM dalam situasi di mana tidak ada produk atau bagian kontrol, seperti dalam proses pengembangan produk. Pastikan ada tindakan pengulangan atau bagian kontrol yang harus diikuti sebelum membuat peta aliran nilai. Jika tidak, Anda hanya akan membuang-buang waktu dan sumber daya.

Kunci lain untuk mengembangkan VAM adalah mengamati kinerja tangan pertama. Sementara banyak value stream sangat sederhana, banyak juga yang kompleks. Dalam beberapa kasus, proses produksi atau upaya pemberian layanan panjang dan membosankan. Ini kasus lain mungkin disisihkan untuk beberapa hari atau beberapa minggu atau orang yang mengembangkan proses perlu menyelesaikan peta dengan cepat. Semua yang membuat mengembangkan peta aliran nilai sulit.

Selain itu, banyak dari apa yang terjadi dalam operasi sehari-hari suatu bisnis– panggilan telepon, interupsi, reprioritisasi kerja – tidak disimpan di komputer atau di memori seseorang. Jadi, tergantung pada standar teknik untuk mengisi kotak informasi dan menentukan potensi penghematan tidak akan berhasil, juga tidak akan mencoba mengembangkan peta sambil duduk di kantor Anda. Meskipun Peta mungkin benar secara teknis, Anda akan kehilangan banyak kegiatan yang sebenarnya terjadi di lantai.

Sayangnya, kegiatan ini mempengaruhi waktu produksi dan nilai produk. Oleh karena itu, Anda harus mengamati produk yang sedang diproduksi atau layanan saat dikirimkan untuk menentukan kegiatan mana yang menambah nilai dan mana yang tidak. Meskipun terkadang sulit dilakukan, sangat penting untuk mengumpulkan data yang akurat untuk VSM Anda. Jika tidak, Anda membuat peta proses, bukan peta aliran nilai.

Selain itu, pastikan Anda mengikuti produk yang sedang menjalani produksi atau layanan yang dikirimkan sepenuhnya. Terkadang pengamat mengikuti pekerja melalui proses produksi yang panjang. Ketika dia berhenti berurusan dengan produk, pengamat, mengikuti pekerja alih-alih bagian kontrol. Ini bisa mengeja bencana.

Misalkan, misalnya, produk adalah pasien di kantor dokter. Ketika dokter menyelesaikan ujiannya, pengamat harus mengikuti pasien, bukan perawat yang memperbarui grafik pasien. Jika pengamat mengikuti perawat, dia memetakan pekerjaan perawat, bukan pekerjaan yang dilakukan pada bagian kontrol, yang berhenti ketika pasien pulang.

Selain itu, perhatikan keluarga produk saat mengembangkan VSM. Sebagian besar perusahaan memproduksi lebih dari satu keluarga produk. Kadang-kadang, itu menjadi rumit mengikuti satu keluarga produk karena pengamat melakukan pekerjaan yang buruk dalam mengidentifikasi keluarga produk kunci sebelumnya. Dengan tidak mengidentifikasi keluarga produk, pengamat berisiko terganggu dan mengikuti jalur pemrosesan yang salah.

Dua area masalah umum dalam pemetaan aliran nilai mengabaikan sumber daya bersama dan penghitungan ganda. Perangkap ini dapat membatalkan akurasi peta value stream.

Sebagian besar perusahaan telah berbagi sumber daya. Sumber daya ini – yang mungkin orang, jalur perakitan, atau peralatan – sering kali mendukung banyak keluarga produk. Jika pengamat lupa untuk mengidentifikasi sumber daya bersama ini saat mengembangkan peta value stream, peta akan salah. Identifikasi sumber daya bersama dalam aliran nilai sebelumnya. Lupa melakukannya akan menghasilkan perkiraan yang salah untuk hal-hal seperti waktu siklus. Dan itu pada gilirannya akan mempengaruhi produk akhir peta.

Selain itu, pastikan Anda memahami apa yang masuk dalam kotak informasi dan apa langkah pemrosesan. Pergantian biasanya masuk ke dalam kotak informasi, tetapi bagaimana dengan waktu perjalanan. Kuncinya adalah memisahkan pekerjaan yang sebenarnya terlibat dalam menyelesaikan produk atau layanan dari hal-hal yang menyebabkan persediaan menumpuk. Pergantian panjang menyebabkan persediaan untuk membangun, tetapi bagaimana dengan perjalanan jarak jauh? Kedua aktivitas itu mungkin perlu dihilangkan karena keduanya menyebabkan persediaan untuk dibangun.

Kiat-kiat ini akan membantu Anda mengembangkan peta nilai aliran yang akurat. Peta tersebut akan, pada gilirannya, membantu mengurangi limbah dari proses produksi Anda atau memberikan layanan urutan, merampingkan operasi, memotong biaya, dan meningkatkan layanan pelanggan. Lebih penting lagi, mereka akan membantu Anda meraup manfaat sistem yang luas yang disediakan VSM, membuat upaya Anda produktif dan menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *