Sejarah Refrigerasi – Prasejarah hingga Saat Ini

Sejarah Pendinginan

(Nampan Es Mesir dan Fakta Menarik Lainnya tentang Pendinginan selama Zaman)

Pendinginan dari satu jenis atau yang lain kembali setidaknya tiga ribu tahun. Orang Cina kuno membuat praktik memotong es dan menyimpannya untuk digunakan di kemudian hari sedini 1.000 b.c.e. Orang dahulu lain, seperti orang Mesir, biasa membuat es dengan menempatkan air di pot gerabah di luar pada malam yang dingin. Praktek ini diketahui telah terjadi sedini 500 b.c.e.

Banyak orang di masa lalu membuat "lemari es" dengan menggali lubang yang dalam ke tanah, melapisi mereka dengan isolator seperti jerami, lalu menutupinya dengan aman untuk mengusir makhluk. Kamar-kamar pendingin ini, yang disebut "gudang akar" oleh banyak orang di Amerika Serikat perintis masa lalu, relatif efektif. Makanan dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama di ruang sejuk di bawah permukaan Bumi. Di beberapa daerah, gua melayani tujuan yang sama. Di area lain, jika pengemasan aman dapat dibuat, dan alat lain yang ditemukan atau diperoleh untuk menurunkan dan meningkatkan paket makanan, danau atau aliran pegunungan yang sejuk dapat berfungsi sebagai kulkas.

Pada 1550, ditemukan di Prancis bahwa anggur dapat didinginkan jika botol diputar dalam larutan air dengan sendawa terlarut. Minuman yang didinginkan menjadi semua kemarahan.

Pada tahun 1700-an di Inggris, balok-balok es besar dipotong, dikemas dalam garam dan flanel dan disimpan di bawah tanah, di mana mereka akan bertahan hingga musim panas. Kotak es pertama muncul pada awal 1800-an di Inggris. Mereka terbuat dari kayu dan dilapisi timah atau seng, dan diisolasi dengan rumput laut, jerami atau serbuk gergaji. Air yang mencair dari es harus dikosongkan dari panci tetes setiap hari. Blok-blok es yang dipanen, disimpan dalam bentuk beku oleh kotak-kotak es yang diisolasi dengan baik, dikirimkan secara teratur oleh kendaraan-kendaraan yang diisolasi, disediakan pendingin untuk masyarakat umum selama bertahun-tahun (bahkan untuk waktu setelah penemuan lemari es) sebagai popularitas listrik baru. penemuan dapur pendinginan secara bertahap tumbuh.

Sains dan teknologi mulai mencoba untuk aplikasi praktis dalam tantangan pendinginan pada 1700-an. Gas beracun, vacuums, pemanasan dan perubahan materi dari satu negara ke negara lain adalah trik perdagangan dalam percobaan awal ini. Seorang pria Skotlandia bernama Dr. William Cullen menciptakan es dalam jumlah kecil di University of Glascow dalam percobaan pertama yang diketahui sukses untuk menciptakan pendingin buatan. Pada 1758, profesor Cambridge John Hadley dan Benjamin Franklin yang terkenal melakukan eksperimen pendinginan yang juga menghasilkan sejumlah kecil es. Yang lain juga bereksperimen, dan eksperimennya berhasil, karena paten pertama untuk apa pun yang berkaitan dengan pendinginan diberikan oleh pemerintah AS pada tahun 1803 kepada seorang pria Maryland bernama Thomas Moore. Michael Faraday, seorang London, diciptakan tetapi tidak pernah benar-benar membangun lemari es yang didinginkan oleh pencairan amonia pada tahun 1805. Saat itu di pertengahan tahun 1800-an bahwa dokter Amerika John Goorie menemukan ide pendingin udara (AC) untuk menghilangkan ketidaknyamanannya. pasien demam terserang (demam kuning dan malaria). Dr. Goorie membangun prototipe sistem udara yang didinginkannya, tetapi tidak dapat menemukan kesuksesan komersial dengannya. Sementara itu, di bawah, beberapa orang Australia sedang mengembangkan mesin pembuat es dan fasilitas penyimpanan berpendingin. Perusahaan komersial Australia pertama yang menggunakan teknologi pendinginan baru adalah pabrik dan pabrik pengepakan daging. Pada pertengahan hingga akhir 1800-an, mobil-mobil kereta api berpendingin, pengiriman berpendingin, dan akhirnya pada tahun 1892 rumah ber-AC pertama muncul satu per satu di tempat kejadian.

Itu pada tahun 1911, di Ft. Wayne, Indiana, bahwa lemari pendingin pertama untuk penggunaan dapur rumah dibangun. Disebut "Penjaga", unit-unit lemari es ini siap dijual tahun 1915. Seorang biarawan Prancis dikreditkan dengan menciptakan mesin-mesin. Kulkas pertama untuk digunakan di rumah adalah pelopor dari Frigidaires yang kemudian populer. Lebih dari selusin merek kulkas rumah menjamur sampai tahun 1920-an, semuanya beroperasi dengan gas beracun yang sangat kuat seperti amonia dan belerang dioksida sebagai pendingin. Pada tahun 1930-an, Freon ditemukan, dan dianggap sebagai refrigeran yang aman. Itu tidak sampai tahun 1970-an bahwa Freon bertekad untuk merusak lapisan ozon yang mengelilingi atmosfer Bumi, di mana titik refrigeran yang lebih aman yang mengandung hydrofluorocarbons daripada chlorofluorocarbons, mulai digantikan sebagai refrigeran di lemari es modern.

Produksi massal lemari es modern harus menunggu sampai setelah Perang Dunia II berakhir. Saat ini, kulkas adalah salah satu peralatan rumah tangga paling luas dan paling populer yang digunakan di seluruh dunia. Sebagian besar dari kita, jika kita mau memikirkannya, akan sangat bersyukur untuk lemari es kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *